Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Selasa, 02 September 2014

Membedakan Jenis Kelamin Anak Ayam Bangkok Usia 1 – 30 hari

Membedakan Jenis Kelamin Anak Ayam Bangkok Usia 1 – 30 hari - Pada peternakan ayam bangkok skala kecil atau rumahan, umumnya menggunakan cara-cara simple dalam membedakan anak ayam jantan dan betina.  Metode praktis ini tentu akurasinya jauh dibawah metode Vent Sexing yang langsung melihat organ genital.
Anakan Ayam Bangkok

Umumya cara praktis mengetahui dan membedakan jenis kelamin anak ayam bangkok, antara lain berdasarkan perbedaan bunyi atau suara anak ayam ketika dipegang dan dielus, ketegasan dan ketebalan garis jengger, kuping telinga, ketajaman sorot mata, panjang dan pendek badan, ketegapan dan kekuatan tubuh, cepat/lambat tumbuh bulu ekor, kegelian dan sifat dominan adalah beberapa faktor yang harus diperhatikan. 

Namun yang harus menjadi catatan cara ini tidak akurat untuk ayam yang baru menetas hingga usia 1 minggu.  Setelah usia 1 minggu perbedaannya mulai sedikit tampak, tetapi tetap saja belum akurat.  Semakin tambah usia hingga usia 1 bulan maka perbedaanya makin jelas pada jengger, postur dan ketegapan tubuh, sehingga semakin mudah membedakan anak ayam jantan dan betina.

Membedakan Jenis Kelamin Anak Ayam Bangkok Usia 1 – 30 hari:
  • Dengan melihat ada tidaknya bakal kuping telinga.  Bakal kuping telinga anak ayam bangkok ternyata bisa dilihat sejak baru menetas (umur 0 hari).   Bagian yang tidak berbulu ada 2, yaitu lobang telinga (di atas) dan bakal untuk kuping telinga (di bawah).  Anak ayam jantan adalah yang tampak jelas memiliki bakal kuping telinga.Semakin besar anak ayam, bakal kuping telinga makin tampak jelas. Jika bakal kuping telinga tidak kelihatan jelas dan terpisah maka ayam tersebut adalah ayam betina.  
  • Selain melihat bakal kuping telinga, juga diyakinkan lagi dengan melihat jengger dan melihat bulu punggung anak ayam.  Unjung bulu punggung yang runcing/lancip adalah jantan, dan jika bulu punggung lebih bundar (kurang runcing) adalah betina.  Pengamatan bulu punggung ini sudah bisa dilihat sejak anak ayam berusia 1 bulan. 
Demikian cara Membedakan Jenis Kelamin Anak Ayam Bangkok Usia 1 – 30 hari, semoga bermanfaat.

Share It:

1 komentar:

  1. Tulisannya Bagus Om, blog saya juga berisikan tentang Peternakan Ayam jika berkenan kunjungan baiknya...

    Produktifitas Peternakan Anak Ayam

    BalasHapus